Laporan Kegiatan Pasma: Susur Pantai Dan Observasi Kawasan Mangrove Di Pantai Purwahamba Kab. Tegal

Posted: April 22, 2009 by Pasmajaya in lingkungan hidup, Petualangan

pasma3Walaupun tertunda beberapa minggu dari jadwal semula, kegiatan susur pantai dan observasi kawasan mangrove di pantai Purwahamba pada akhirnya terlaksana.

Tim Pasma SMAN 1 Slawi yang terdiri dari 15 anggota dari angkatan Suralintang dan Pasundan serta 4 orang pembina dan pendamping melaksanakan kegiatan tersebut pada 18-19 April 2008. Kegiatan dimulai pada Sabtu sore atau 18 April dengan koordinasi dan persiapan akhir di SMAN 1 Slawi. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberangkatan dan untuk selanjutnya tim Pasma mendirikan Base Camp di pantai Purwahamba.

Kegiatan Sabtu malam diisi dengan sosialisai dengan warga setempat, adaptasi dan bakar 2 gluntung ayam yang langsung laris manis ludes dalam tempo yang sesingkat-singkatnya serta perencanaan kegiatan esok hari. Selain itu juga diadakan sesi curhat dari mulai  kePasmaan sampai curhat masalaha-masalah pribadi.  Semua dilakukan dengan senang hati tanpa ada paksaan dan sesi ini mengalir begitu saja sembari menatap bintang yang malam itu memang seperti ditebar begitu saja di langit.

Setelah aktifitas pagi selesai, tim Pasma kembali mengadakan koordinasi. Dan hasilnya tim dibagi menjadi dua yaitu tim Operasional yang terdiri dari koordinator operasional. seksi peralatan serta seksi logistik yang bertanggung jawab terhadap jadwal kegiatan dan pendataan alat serta logistik. Selanjutnya adalah tim Laporan yang terdiri dari sekretaris, bendahara serta beberapa anggota yang bertanggungjawab membuat laporan kegiatan serta mencatat hasil pengamatan selama kegiatan berlangsung. Kedua tim dibawah tanggungjawab ketua panitia.

Pukul 07.00 WIB kegiatan Susur Pantai dan Observasi Kawasan Mangrove di Pantai Purwahamba dimulai. Seluruh anggota tim mulai menyusuri pantai Purwahamba kearah barat yang sesuai rencana perjalanan akan diakhiri di hulu sungai terdekat dari OW Purwahamba Indah dimana kawasan mangrove berada.

Selama perjalanan tim Laporan mencatat data yang diperoleh menggunakan metode observasi dan interview (tanya jawab) dengan penduduk sekitar. Objek pengamatan berupa kondisi sosial masyarakat, geografis, flora dan fauna serta secara khusus pengamatan mengenai tanaman mangrove atau bakau dikawasan tersebut. Yang paling menarik, ternyata pantai barat Purwahamba Indah menyimpan pesona kebun melati sepanjang jalur pantai tersebut. Dan secara spontan langsung dinamakan Pantai Melati (red).

Sekitar pukul 08.30 WIB seluruh anggota tim tiba di hulu sungai yang dituju. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai tanaman bakau (proses reproduksi, manfaat, serta pengelolaan dikawasan tersebut). Setelah cukup beristirahat seluruh tim kembali ke OW Purwahamba Indah dan selanjutnya kembali ke SMAN 1 Slawi.

Secara umum kegiatan berlangsung baik mengingat kegiatan susur pantai sekaligus observasi kawasan mangrove merupakan kali pertama bagi Pasma SMAN 1 Slawi. Semoga kegiatan ini dapat bermanfat dan dapat berlanjut dimasa mendatang. Karena kita hanya punya satu bumi…..

Catatan Perjalanan:

Selama kegiatan tim Pasma memiliki berbagai catatan seputar kegiatan ini, diantaranya:

1. Urus perijinan terlebih dahulu untuk memperlancar kegiatan. Diantaranya pihak sekolah, Dinas Pariwisata, Pengelola OW Purwahamba Indah serta aparat desa setempat.

2. Perjalanan menuju OW Purwahamba Indah (Pur’in) disarankan tidak menggunakan mobil bak terbuka atau truk karena akan mendapatkan sangsi tilang oleh Polisi.

3. Tiket masuk pantai OW Pur’in untuk dewasa Rp 2.350,00

4. Bersosialisasilah dengan warga setempat.

5. Disarankan lokasi perkemahan dekat dengan pemukiman warga, masjid dan fasilitas umum untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta untuk mendapatkan air tawar.

6. Nyamuk dikawasan tersebut pada malam hari cukup “kejam tiada ampun”. Disarankan menggunakan tenda dome dengan pintu jaring, lotion anti nyamuk dll.

7. Ikut menjaga kebersihan dan ketertiban (tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencorat-coret, tidak merusak fasilitas umum dll)

8. Terdapat lahan perkebunan bunga melati yang cukup luas disebelah barat OW Pur’in yang berjarak hanya belasan meter dari bibir pantai.

9. Fauna yang banyak ditemukan disepanjang pantai tersebut diantaranya kepiting—pada malam hari mereka lebih banyak beraktifitas  (nocturnal), ubur-ubur (Aurellia Auretta) serta berbagai jenis kerang (Montrastrea Covernosa).

10. Tanaman bakau tumbuh dari bijinya yang berbentuk lancip memanjang yang berfungsi menancapkan dirinya pada lumpur atau pasir dibawahnya untuk selanjutnya tumbuh menjadi individu baru.

11. Tanaman bakau di kawasan ini dikelola oleh warga yang memiliki lahan atau tambak.

Dokumentasi Kegiatan:

pasma

pasma1

pasma2

pasmajaya1

updated by: traju

foto by: vazza

About these ads
Komentar
  1. traju mengatakan:

    Foto2nya mana nih??tanpan poto=hoax..!
    bagus lahh utk awal, pasma turun gunung(ga hanya naik gunung), kalo bisa ke depannya bisa ditindak lanjuti dg penanaman bakau dg bekerjasama dg Pecinta Alam/organisasi/Dinas terkait.
    salam lestari
    selamat hari bumi…

  2. wisnu wardhana mengatakan:

    wah sukses teruss… , btw posting tanpa foto , hoaxx ( melu2 ben keren ) ^^

  3. traju mengatakan:

    karena ga ada yg nambahin poto,aku tambahin aja
    *foto diambil dg semena2 dari fs-nya vazza*

  4. pasmajaya mengatakan:

    maap teman…
    foto telat…
    ngumpulnane susah…
    maklum seksi dek dok bejujagan bae sih…
    ngilang2 terus

    thankz ju…
    kingkong.

  5. abel mengatakan:

    assalamu’alaikum..

    Foto sing lagi nyekel bibit bakau aku lho…setengah narsis, soale sing metu setengah thok…he..he…he…
    tapi misal ana foto lengkape ya tetep ta hapus…he..he….

    ra perlu di-translate neng basa Indonesia Raya kan???

    Sekedar tambahan buat kegiatan kemarin. Tahap evaluasi kegiatan kemarin belum dilaksanakan lho teman-teman Pasma…. Jadi, capaian tujuan belum jelas. Tapi aku tetap salut dengan teman-teman Pasma (anggota aktif) yang semangat melaksanakan kegiatan sekaligus belajar. Semoga kegiatan kemarin bermanfaat
    Pasma Jaya!!!!

  6. vanikingkongkeren mengatakan:

    haghaghag…
    PASMA gitu hlow…
    ga di gunung, ga di laut
    tetep maknyuzzzz….

    hoooiiiikkkk….
    temand…
    SEMANGAD…..!!!!!

    Kingkong???
    MINGGADDDDD !!!!!

  7. alamendah mengatakan:

    Bagus! seharusnya pa mmg harus ngurusi sungai juga, jangan melulu sperti ini>>> http://alamendah.wordpress.com/2009/05/15/ekspedisi-puncak-argopuro-lasem/

  8. mamuri mengatakan:

    pasma hebet..
    tetap lah jaya…. pasmaku..

  9. vanikingkongkeren mengatakan:

    maz mamuri, barangkali punya saran untuk pendakian.
    mengingat banyak kejadian yang nggak enak tentang gunung akhir2 ini.
    tur nuwun.

  10. indah mengatakan:

    ikut nimbrung ya, aku alumni lulusan tahun 2007, tapi bukan anggota pasma…
    wah, anak-anak pasma sekarang dah mulai melirik mangrove juga..
    kalo bisa diteruskan ya… gimana kalo bikin acara nanem mangrove? o ya, biji yang dipegang itu namanya propagul…
    gimana kondisi mangrove di tegal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s