Sejarah PASMA SMAN 1 Slawi

Posted: Desember 28, 2007 by Pasmajaya in Berita, Keluarga Pasma

PASMA adalah nama organisasi pecinta alam yang dirintis di SMAN 1 Slawi pada awal tahun 90’an. Secara resmi berdiri pada tanggal 17 Agustus 1995 setelah mengalami proses yang perijinan yang tidak mudah. Dengan terus berusaha pendiri PASMA pada saat itu (Mas Yuke dkk) pada akhirnya dapat meyakinkan pihak sekolah dan terbentuklah organisasi pecinta alam tingkat siswa SMA pertama di kabupaten Tegal.

Perkembangan PASMA dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan baik kualitas materi, kwantitas anggota maupun jumlah alat yang dimiliki. Pada awalnya kegiatan PASMA cenderung pada kegiatan Mountaineering dan Hiking maka alat alat yang dimilikinyapun terbatas pada kegiatan tersebut seperti tenda tarik, ponco, parang dsb. Namun sejalan dengan pengetahuan dan ketrampilan anggota yang semakin bertambah maka kegiatan PASMA semakin bervariasi diantaranya panjat Tebing, Orienteneering, bahkan Search and Rescue hal tersebutpun berdampak pada jumlah alat yang semakin bervariasi diantaranya carabiner (cincin kait), seat harness, prusik, carnmantle dan yang paling membanggakan adalah papan panjat setinggi 8 meter ( hasil renovasi akhir tahun 2003).

Perkembangan PASMA tak lepas dari peran pembina dari pihak sekolah yang secara langsung memantau dan mengikuti perkembangan PASMA. Hingga saat ini PASMA telah didampingi oleh 3 orang bapak Pembina yaitu:

1. Bapak Sukadi

2. Bapak Suprihartanta pada tahun 1997-2003 (saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Balapulang setelah sebelumnya di SMAN 1 Kramat)

3. Bapak Budi Solihin tahun 2003-sekarang dan sejak tahun 2008 dibantu oleh bapak Vani Indra Pramudya yang tak lain merupakan alumnus Pasma angkatan Maharani sekaligus guru di SMAN 1 Slawi sebagai pembina lapangan.

Peran beliau-beliau dalam kegiatan PASMA sangatlah berarti baik berupa kehadirannya secara langsung dalam kegiatan-kegiatan dilapangan maupun dalam membimbing anggota untuk mengurusi persoalan birokrasi yang terkait dengan kebijakan sekolah.

Dalam perekrutan Calon Anggota PASMA hingga menjadi Anggota, PASMA memiliki beberapa tahap yang dilaksanakan selama satu tahun. Tahapan tersebut diawali dengan materi ruang yang rutin dilaksanakan setiap minggunya dan materi tersebut diujukan pada Pra Pendas kemudian anggota melaksanakan Pendas yaitu kegiatan praktek lapangan dengan mengujikan materi-materi yang telah diberikan sebelumnya. Pendas dilaksanakan di Lereng Utara Gunung Slamet masuk dalam wilayah kecamatan Bojong. Kegiatan Pendas diakhiri dengan longmarch Guci-Slawi. Tahapan terakhir yang harus didikuti yaitu Pendakian Wajib yang dilaksanakan di gunung Slamet atau gunung Ciremai dan secara resmi Calon Anggota menjadi Anggota PASMA yang ditandai dengan upacara penyematan Syal di puncak.

Proses perekrutan anggota PASMA mengalami perubahan dari tahun ketahun. Dari segi materi bertambah setiap tahunnya. Anggota terus mencari materi kepecinta alaman dari berbagai sumber yang sebagian besar didapat dari organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sekolah Tinggi Farming Semarang (PAMAFA). lama Pendidikan Dasar atau PENDAS mengalami perubahan pada tahun 2001 , yang sebelumnya hanya 3 hari (sejak tahun 1997) kini bertambah menjadi 5 hari yang menjadi dasar penentuan nama angkatan MAHARANI (Lima Hari Berani).

Angkatan-Angkatan PASMA

1. Angkatan Perintis 1994

2. Angkatan Arif Rahmatullah 1995

2. Tapak Purnama 1996 (Kepala suku: Widi)

3. Angkatan Krismon 1997 (Giant dkk)

4. Angkatan Reformasi 1998 (Kepala suku: Mengo)

5. Angkatan Noceng 1999 (Kepala suku: Paqih)

6. Angkatan Maharani 2000 (Kepala suku: Baghonk)

7. Angkatan Semar 21 2001 (Kepala suku: Maulana)

8. Angkatan Bulan Naga 2002

9. Angkatan Jelajah 2003

10.Angkatan Tsunami 2004

11. Angkatan Petualang (2005)

12. Angkatan Panser 2006

(tahun angkatan berdasarkan tahun pertama anggota terdaftar secara administratif di SMAN 1 Slawi. Proses PENDAS pendas dilaksanakan setahun sesudahnya karena berdasar pada kalender akademik)

Telah banyak prestasi yang ditorehkan oleh anggota-anggota PASMA baik tingkat kabupaten maupun propinsi bahkan nasional diantaranya

1. Juara 1 dan 2 dalam kompetisi panjat tebing yang diselenggarakan oleh Mahupa UPS tahun 2002

2. Juara Harapan 1 dalam lomba lintas alam tingkat Jawa Bali yang diselenggarakan oleh CAMB’s Bumiayu pada tahun 2002

3. Juara dalam kompetisi panjat tebing yang diselenggarakan oleh Mahupa UPS tahun 2003

4. dan masih banyak lagi

Serta aktif dalam kegiatan-kegiatan eksternal lain diantaranya

1. Aktif dalam keanggotaan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI)

2. Kontingen Panjat Tebing kabupaten Tegal pada PORDA Jawa Tengah 2001 dan 2005 (atlet dan Juri)

3. Panitia PORKAB Kab.Tegal untuk cabang Panjat Tebing 2002 dan 2004

2. Delegasi dalam kegiatan Lingkungan Hidup Wanagama Relly dan Lomba Lintas Alam Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Silvagama Fakultas Kehutanan UGM tahun 2005 dan 2007

Diharapkan dengan berdirinya PASMA SMAN 1 Slawi akan memunculkan generasi muda yang memiliki semangat membangun sekaligus berwawasan lingkungan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan Kode Etik Pecinta Alam Indonesia. Diharapkan pula organisasi ini tak sekedar menyalurkan hobi anggotanya melainkan juga sebagai sarana untuk mengembangkan kualitas diri sebagai bekal untuk terjun langsung kedalam masyarakat.

=============

Maaf belum lengkap, bila ada yang tau sejarah lengkapnya mohon di lengkapi, bisa melalui komentar atau hubungi admin

Komentar
  1. traju mengatakan:

    aku bingung nih, tahun angkatan ituh berdasarkan kita masuk sma apa tahun diksarnya yahh??menurutku perlu ada kesepakatan dulu deh…aku sih usulnya tahun angkatan berdasarkan tahun Pendasnya ajah, gimana??ehh nanya juga, emang angkatannya paqih dkk nama angkatnannya Milenium??angkatannya mengo tuh ankatan Reformasi trus paqih dkk noceng, ngga ada angatan milenium deh kayanya??mohon dikoreksi..

  2. Anggit Maharani Adventure Team mengatakan:

    makasih ju. tulisan ini sebenarnya ‘pancingan’ untuk temen-temen PASMA. terus terang tulisan ini masih kering dan miskin informasi. Aku nulis seemute he..hee…
    Buat temen-temen terus ngoreksi jek…..
    Salam Lestari!!

  3. traju mengatakan:

    hehehe, oke!!sory mau mbengi tak publish ding aku dg semena-mena tanpa izin darimu nggit, sing penting tujuan kita tetep satu, menuju Pasma Jaya!!

  4. pasmajaya mengatakan:

    SALAM LESTARI…

    PASMA th. 2005 angkatan “petualang” ato BOLANG

    PASMA JAYA

  5. Tamimi mengatakan:

    Satu hal yang masih aku inget banget…tahun 1998 (tanggal dan bulan lupa), Bpk Suprihartanta pergi ke Bandung untuk belanja Carmantle dll. Sampai bandung tengah malem, dijemput kawan yuke dan dirikuh, trus nginep di kostan yuke (gile…tu kamar ampe gak muat….:P), tentu sebelumnya makan indomie telor dulu dikawasan balubur, heuheuheu. Paginya…jalan ke Alpina Cisitu lama …ama BIP (Dody). AKhirnya belanja di gerai Dody BIP (harga agak miring dibanding alpina cisitu lama. trus sorenya beliau memutuskan untuk langsung pulang k slawi. Itulah properti pertama yang dimiliki oleh PASMA.
    Aku masih punya beberapa foto saat Pendas 1 yang dilakukan oleh PAMAFA Semarang. Beberapa kegiatan mendaki oleh founder PASMA aku juga punya beberapa.
    P’ Pri skr jadi Kepsek SMUN I Kramat..? ada yang punya no telp/HPnya..? kebetulan..deket rumah..insya alloh nanti kalo pulkam mau mampir

    Tamimi

  6. pasmajaya mengatakan:

    terima kasih mas Tamimi atas infonya. jika berkenan nulis lagi tentang kondisi awal pasma, pembina sebelum pak Pri soalnya terus terang informasi-informasi tersebut selama ini hanya di sampaiakan secara lisan dan tentunya akan terus berkurang.

    sekalian mengundang mas-mabak senior ke PENDAS PASMA 6-10 Januari 2008. (boleh kok cuma datang pas pembukaan/penutupan+sarasehan saja)

  7. Gofar mengatakan:

    Nambahin aja dikit mengenai sejarah PASMA,
    Pada dasarnya PASMA secara organisasi berdiri sekitar tahun 1994 melalui perjuangan yang relatif panjang dari Mas Yuke cs. Tetapi sebelum didirikannya PASMA sebagai organisasi resmi kegiatan2 yang bersifat adventure (khususnya camping & naik gunung sudah pernah dilakukan oleh beberapa orang siswa SMA 1 Slawi yang nantinya bakal jadi pioneer berdirinya PASMA). Pertama kali saya diajak naik gunung (Gn. Slamet) itu tahun 1993 (klo ga salah) saya masih kelas 1. Diantaranya yang pergi waktu itu termasuk Mas Tamimi (waktu itu kelas 2), Arum (kls 2), Dani (kls 3), Bowo (kls 3- kakaknya Gepeng-Raditya) dan beberapa orang dari siswa SMPN 1 Slawi yang didampingi sama Pak Agung dari SMPN 1 Slawi. Gak lama kemudian sekitar 1994, secara resmi PASMA terbentuk sebagai organisasi ekstrakurikuler yang diketuai oleh Mas Arif Rahmatullah (Alm.) Sepeninggal Mas Arif Alm. PASMA sempat antara hidup dan mati, sampai kemudian angkatan kami (antara lain: saya, agus-plendus, endra, & beberapa temen lain yg saya sudah lupa) dengan dukungan penuh dari Pak Suprihartanta mencoba untuk menghidupkan kembali PASMA dengan memulai kerjasama dengan PAMAFA melalui alumni kita yang ada disana, sehingga terlaksanalah Pendas pertama PASMA yang melahirkan angkatannya Widi-gendut, Hanzo, Igo, Gepeng, dll. Kalo gak salah waktu itu ada 13 orang yang bisa kita lantik (kalo salah mohon dikoreksi) yang akhirnya juga melahirkan beberapa acara adat yang sebenarnya kita adopsi dari adat PAMAFA. Saya bersyukur apabila PASMA terus bisa berkembang, yang berarti kerja keras para pendahulu PASMA tidak sia – sia. Semoga PASMA tetap Jaya.

  8. Gofar mengatakan:

    Sorry, salah itung tahun. Yang bener :
    – Semua tahun ditambah 2.
    Maklum udah tua…hehe..he..

    Terimakasih.

    Gofar

  9. HANZO mengatakan:

    WAT SELURUH SENIOR PASMA (YUKE Cs, TAMIMI Cs, AND GOFAR Cs YANG TELAH BERSEDIA MELANTIK KAMI (TAPAK PURNAMA :13). INSYA ALLH KAMI SEMUA AKAN MELANJUTKAN MINIMAL MEMEPERTAHANKAN CITA-CITA PASMA. SELAMA KAMI MASIH DIBERI KEKUATAN (MASALAHE FISIK JHON).
    SEJARAH PASMA (1996 – SEKARANG) SELANJUTNYA ADA DALAM “HARD DISC” KAMI. SORRY RADA NUAWANI DIKIT. KAMI AKAN SELALU HADIR DISETIAP EVEN (12 PENDAS, 16 PENDAKIAN G SLAMET 4 G CIREMAI, PENGHIJAUAN OW CACABAN, REFRESHING CURUG 7, ANJANGSANA ALM ARIF RAHMATULLAH & BENNI RIZALUZZAMAN, 13 PRA PENDAS, PORDA FPTI 2000 & 2005 PORKAB 2004 + EVEN PANJAT TEBING, LINTAS ALAM, 13 HUT PASMA& TASYAKURAN TIAP ANGKATAN, PEMBUATAN WALL CLIMBING) DAN MASIH BANYAK LAGI DECH. POKOKNYA KAMI SELALU ADA. HE HE HE HE

  10. vani kingkong mengatakan:

    image seorang yang gemuk, gendut, gembrot dan seabreg julukannya cenderung lebih mengarah kepada pemalas, lamban, tambun, nggak enerjik, dan hanya makanan yang selalu ada di dalam pikirannya. saya adalah salah satunya. saya diberikan anugerah tubuh gemuk oleh sang maha pencipta alam raya. dan mungkin hanya itulah kelebihan yang saya miliki.

  11. vani kingkong mengatakan:

    saya masuk PASMA dan tercatat sebagai salah satu personil solid dari angkatan MAHARANI. yah…walaupun ikut PENDAS nya angkatan dibawahnya hehehe…..
    sebetulnya satu-satunya motivasi saya bergabung bersama PASMA adalah semata-mata untuk menghilangkan image bahwa bodi gemuk, gendut, dan gembrot itu lamban, pemalas dan nggak enerjik. lain daripada itu, saya suka sekali tantangan, alam bebas, udara dingin, dan minum kopi panas di puncak gunung. dan benar-benar mujur dan beruntung karena bersama PASMA terwujudlah semua yang saya cita-citakan.

    walaupun dengan susah payah menyeret berpuluh-puluh kilo lemak yang bersarang di seluruh bagian tubuh, akhirnya saya berhasil sampai di puncak Gunung Ciremai, Slamet, Ungaran, dan Sindoro. benar-benar wonderfull things that i made!!!!!!!!!!!!
    memang untuk ukuran bodi dengan berat kira2 80-90 kilo itu semua adalah sebuah perjuangan yang sangat berat. berat untuk fisik, terutama berat juga untuk mental. tapi PASMA mengajarkan semuanya. persaudaraan, kerjasama, susah-senang, pahit-getir, tantangan, sampai pada sebuah kesenangan dan kebahagiaan bathin yang teramat sangat tidak ternilai harganya.

    bersama-sama dengan wahyu”bhagonkz”, anggit “mas bakul”, hamdan”tradju”, imam”rozbin”, dhana”si war”, bagus”tjelenk”, dan kawan-kawan lain saya mengarungi masa-masa SMA dengan penuh tantangan dan sukacita. bukan hanya bersenang-senang saja. buktinya, hamdan masuk program IPA yang notabene pada masa itu sangat sulit dan mungkin hanya otak “dokter” saja yang mampu. robin yang memang suka sekali dengan panjat memanjat mampu meraih berbagai macam piala dan penghargaan dalam event panjat dinding di berbagai daerah. saya yang memang punya otak pas-pasan saja mampu menghasilkan berpuluh-puluh judul puisi, dan berlembar-lembar halaman cerpen yang inspirasinya saya dapat dari kegiatan-kegiatan PASMA. mulai dari hiking, camping, sampai naik gunung itulah mengalir deras dari otak saya berbagai macam inspirasi dan berbagai macam kontemplasi yang berhasil saya keluarkan dan aplikasikan ke dalam berbagai macam karya sastra.

    wahyu yang punya cita-cita menjadi seorang Polisi, mengolah fisiknya melalui kegiatan-kegiatan PASMA. hikinh, tracking, dan mountaineering serta wall climbing menjadikan otot-ototnya dinamis dan kekar. sekarang dia berhasil menjadi polisi dan sekarang mendapatkan tempat dinas yang katanya super asyik. Si War dengan olah organisasi serta keuletannya “memenej” adik-adik angkatan mampu memacu otak udangnya menjadi lebih berguna. terbukti dengan sekarang dia menjadi sarjana Hukum jebolan UNDIP dan sekarang sedang berpacu dengan kegiatannya di ABN AMRO jakarta.

  12. vani kingkong mengatakan:

    salah satu karya saya ketika menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di puncak Slamet :

    “SANG MAHA HENING”

    bersama dengan datangnya berpuluh derap kaki manusia
    aku mampu marasakan geliat gulananya

    sang maha hening pun bercerita
    tentang ketidak pastian dan siksa
    yang dihujamkan kepadanya
    oleh manusia

    aku bersuara dalam keterikatan
    karena aku jua manusia

    Puncak Slamet, 2002

  13. vani kingkong sing keren dewek se kebun raya bogor mengatakan:

    kalian tau so mo hung, ato mungkin pernah nonton pilemnya?
    ya…sa mo memang bintang pilem kung fu ato eksyen mandarin yang terkenal. so famous…
    yang menarik bagi saya adalah bentuk bodi sa mo yang gendut bin cubby. (menurut lo semua menarik ga?). menariknya apa, sa mo walaupun gendut, tapi dia lincah, gesit bin was wes wos alias punya gerakan kung fu yang cepat dan lihai. Sampai2 sa mo sempet di juluki manusia gendut paling cepat di dunia. keren ngga tuh….

    itulah yang kemudian memotivasi saya. kenapa sa mo aja bisa kok saya enggak?
    saya juga bisa. walaupun saya terbilang punya bodi yang cukup montok, tapi saya berusaha bisa seperti sa mo. minimal semua nya oto lah bukan nya lemakz…..

    berkat PASMA saya bisa melakukan itu. PERTAMA, pas waktu wall climbing punya sekolah masih lurus2 aja (karena emang tembok aula sih hehehe…), saya selalu berusaha sekuat tenaga untuk mampu nyampe’ TOP. sampe’ sekarang wall sekolah sudak cukup ciamik dan punya tingkat difficulty yang aduhai, saya masih berusaha untuk bisa nyampe’ TOP. yah walaupun sampe sekarangpun blom juga bisa nyampe’ TOP tapi toh saya selalu nyoba. akhirnya yah…. mo gimana lagi, bisanya cuma jadi billayer tok. but it’s WUOKEE..no problemo.dan berkat itu otot2 tangan, lengan, paha bahkan sampe otot dada saya terlatih. KEDUA, mountaineering, hiking, camping, dan gunung melayih otot2 kaki saya, pernafasan saya, sampe’ berbanjir keringat gara2 lemak2 ditubuh saya terbakar.

    walhasil walopun saya masih gendut, tapi toh gendut sehaaaaaaaaaaatttttttttttt…….
    ya nggak jek. pokona every thing i do lah with PASMA make me so wonderfull………..

  14. vani kingkong sing keren dewek se kebun raya bogor mengatakan:

    sebenernya saya kepingin ngajak temen2 PASMA angkatan muda untuk ngadain donor darah rame rame. itung2 PASMA on the PROMOTION keluar jek. mau nggak?
    tar kita kerja sama dengan PMI kab. teghal.

    selain bermanfaat, sehat, dapet pahala lagi tul nggak jek…
    tar kalo tulisan ini dibaca temen2 PASMA angkatan muda buruan make a call with me ya…supaya cepet terlaksana. OK jek
    TEK BANTU WEEEEEEEEEEEEZZZZZZZZZZZZZZZ…………………………

  15. inkaismansawi mengatakan:

    hi…..hiiiiii……Mas Vany curhaaaatt…….wek..ee..keeeekkk……

  16. wonk tegal mengatakan:

    cewe pasma cantik-cantik, terutama indah aku suka ma dia

  17. wonk tegal mengatakan:

    buat Indah yang kul di UGM met belajar aza,

  18. yoyot-semar21 mengatakan:

    PASMA…JAYA…!!!
    web bloge wagu bgat…ganti sing luwih menarik,hurupe digedeni…ra bisa diwaca..Picek jex..!
    salam lestari…

  19. pasmajaya mengatakan:

    Terima kasih atas kritikan dan saran yang membangun. dengan ini kami sekaligus meminta maaf atas keterbatasan sumberdaya, semoga nantinya akan lebih baik.
    Kami juga mengharapkan peran serta kawan-kawan PASMA semua angkatan untuk ikut berpartisipasi baik dalam bentuk artikel, komentar maupun konsep tampilan yang lebih baik untuk kemajuan Web Blog ini.
    Untuk ukuran tulisan silahkan tekan Ctrl dan + (untuk ukuran huruf yang lebih besar) dan Ctrl dan – (untuk ukuran huruf yang lebih kecil).
    Terima kasih
    Pasma Jaya!!!!

  20. fardan mengatakan:

    Mas yuke gimana kabar? seneng kan PASMA udah maju pesat, smoga maju terus.

    dari fardan n teman seperjuanganmu dulu dalam merintis PASMA.

  21. kingkong mengatakan:

    wagagagaga akhirnya
    wwwwwwwwwwwooooooooooooooooooyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy…………
    ayo pada ngumpul………..
    kangen buangatz kyaeh….

  22. Bapa Tua mengatakan:

    Satu hal yang masih saya ingat adalah ketika Pra Pendas angkatan REFORMASI, waktu itu Bpk. Suprihartanta hadir. Di ahir acara, seperti biasa semua anggota saling bersalam rimba, nah… ketika tiba giliran saya bersalaman dengan Pa Pri, beliau mengatakan ” wah kamu kurus begini apa bisa sampe puncak gunung?”. Aku nrimo saja di bilang kaya gitu. soalnya emang badanku kurus kering (kebalikannya KINGKONG). bisa dibayangkan tinggi badan 171 cm. beratnya cuman 49 Kg. yaa.. maklum lah.. soalnya kan habis KRISMON, jadi harga makanan mahal ahirnya jatah makan berkurang sampe ahirnya lagi badan jadi kurus. Tapi ya… alhamdulillah walaupun kurus “Dengan penuh semangat dan pengabdian” saya berhasil mencapai puncak gunung Ciremai sekitar tahun 1999, bareng dengan ojet, aji singa, yuda, rose, ani, iyang, … (maaf lupa soalnya dah lama banget). Dan alhamdulillahnya lagi sekarang saya dah ga kurus lagi, lemak di tubuhku dah nambah sampe 24 Kg. Alias sekarang bobotku 73 Kg. (pusing sekarang malah kegemukan)
    sekian dulu yaa…, lain kali tak sambung lagi. soalnya sekarang dah pagi. Salam Lestari!!! buat semua anggota PASMA
    And semoga “PASMA selalu JAYA! BUKAN Sampoerna, Bentoel, Djarum, apalagi Tuton he he he …

  23. arif yusni(cabul mengatakan:

    SALAM LESTARAI.!!!!!
    PASMA JAYA…..
    JAYALAH PASMAKU…..

  24. arif yusni(cabul mengatakan:

    KANGEN SAMA PERSAUDARAAN DI PASMA..
    BTW ADA ALUMNI PASMA YANG DIBANDUNG TIDAK……

  25. Arif (Regent) mengatakan:

    Assalamualaikum, buat angk. semar 21 pimen kabare? kapan kumpul2 maning………

  26. Suratno mengatakan:

    “PASMA JAYA”

    Pasma Jaya …. Jayalah
    Berdiri di SMA 1 Slawi
    Pasma Jaya …. JAyalah
    Satukan rasa dan satukan jiwa
    Memelihara Alam itulah citaku
    Menjaga alam tetap berseri
    Karena kita hanya punya satu bumi
    Itulah semboyan kita semua

  27. Suratno mengatakan:

    tau ga’ sih temen-temen lagu mars pasma ini buat pada angkatan “Krismon” sekitar tahun 1998. dan lagu ini menjadi Mars Pasma, jadi lagu ini wajib dinyanyikan, lho!

  28. HANZO mengatakan:

    Buat ANGGIT & TRAJU Cs Tolong bantu aq bikin produk TI khususnya WEB / WEB blog.
    sebagai tugas Kerja Praktek. Oh ya wat Suratno tu lagu Mars ada yang kurang kasihan para Penciptanya termasuk He … he … he…. . Aq masih ingat betul kronologi pembuatannya waktu itu hari sabtu aq pulang ekstra PKS trus ke Slawi wetan lupa namanya siapa (mungkin Andi) disitu kita bakar2-an ayam aq sebagai tamu kehormatannya. lagu pertama kali dinyanyikan pas tgl 17 Agustus di Parkir depan kelas balakang. waktu itu juga kami membuat lagu angkatan kami (Tapak Purnama,red)

  29. hengkipamafa (KEPALA SUKU V) mengatakan:

    Salam Rimba..!
    Setelah membaca sejarah ini, saya jadi terharu dan teringat pada era 80 s/d awal 90 an, pernah juga kami lakukan PENDAS u/ MARIPALA, Mahasiswa Akademi Periwisata Pecinta Alam Semarang sbg pioner di PT tsb. Saya punya harapan, semoga ilmu-ilmu yang telah diberikan dari PAMAFA tetap mendarah daging dan abadi seperti Edelwissss
    di PASMA , kelak akan bermanfaat dimasa datang.
    Dan u/ adik-adik & saudaraku “PAMAFA” sukses selalu

    Hengki Hermawan Iswandaru

  30. mamuri mengatakan:

    salam lestari,,,
    saya angkatan krismon, tahun 1998 kami angkatan krismon berusaha bersama pembina kita pak pri hartanta, untuk ikut andil dalam penanaman pohon di sekitar waduk cacaban. dan saat itu kami bekerja sama dengan dinas pariwisata. alhamdulillah berhasil melakukan penanaman pohon di area waduk cacaban.

  31. B.Krstanto mengatakan:

    Salam Sejahtera..

    Mohon maaf,kalo aku sedikt protes nech…
    Protesku adalah kenapa kita2 yg angkatan sebelum 1994 tidak diakui sebagai perintis berdirinya PASMA 1 Slawi,karena tahun 1987-1988 kita untuk pertama kalinya mengadakan hiking dan kamping ke kaki gunung Slamet tepatnya pemandian air panas Guci lewat belakang..dan sempat menginap didaerah bojong.(kalau tdk salah)..saat itu guru2 yg mendampingi adalah Bpk.Kardiman,Bpk.Agus,satu lg guru olah raga..lp namanya…jadi mohon dikoreksi…bahwa Perintis PASMA 1 Slawi bukan angkt.94 tp angkatan 87-88…walaupun dokumentasinya mungkin sdh tdk.ada…jadi mohon adik2 pengurus PASMA 1 Slawi yg sekarang….mohon hal tersebut diklarifikasi kepada angkat.94..apa alasan mereka mengklaim sebagai angk.perintis PASMA 1 Slawi…
    Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s