Selamatkan hutanmu…!!!

Posted: Maret 26, 2008 by Pasmajaya in Berita, lingkungan hidup

Marilah kita menyelamatkan hutan kita dengan hal-hal beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun jika dilakukan secara kolektif akan berdampak signifikan terhadap laju kerusakan hutan kita. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat kita lakukan yang secara langsung dan tidak langsung dapat mengurangi konsumsi kita pada serat kayu hutan yang digunakan sebagai bahan baku kertas:

1. Biasakan membawa serta handuk kecil, saputangan dan serbet untuk mengantikan tissue. Karena borosnya penggunaan tissue berarti boros hutan.

2. Biasakan membawa tas kain sendiri saat berbelanja untuk mengganti tas kertas toko.

3. Hindari penggunaan piring, gelas dan sumpit kayu sekali pakai (langsung buang).

4. Gunakan ulang, kardus, map dan kertas-kertas yang kita miliki.

5. Manfaat dua sisi kertas secara maksimal untuk keperluan dokumen, printing, fotokopi, tulis menulis serta kepentingan administrasi lainnya.

6. Manfaatkan kertas-kertas sebagai bahan kerajinan maupun benda layak pakai lainnya baik dengan mendaur ulangnya maupun dengan berkreasi menurut imajinasi kita.

Meminjam motto AA Gym dengan 3M kita dapat menyelamatkan lingkungan kita yang setiap tahun terus mengalami peningkatan laju kerusakan yaitu dengan Mulailah dari diri sendiri; kita tidak akan mampu untuk merubah orang lain tanpa diawali mengubah diri sendiri, Mulailah dari hal terkecil; sesuatu yang besar adalah rangkaian dari yang kecil dengan kata lain kalau kita belum bisa berbuat sesuatu yang besar kita bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana, Mulailah dari sekarang; kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti maka manfaat waktu saat ini seefektif mungkin untuk kebaikan bersama. Ayo selamatkan hutan kita, Karena Kita Hanya Punya Satu Bumi.

Dari berbagai sumber

pasmajaya.wordpress.com/2008

Komentar
  1. ROBINisme...maharani mengatakan:

    mengurangi pakai tissue…??pdhl aq sering pilek? klo pk handuk kain,jijai donk?n dikira tkng becax…..

    bw tas kain sndri?pdhl klo aq blnja k toko,sllu d ksih tas plastik?mubadzir donk….

    utk mnyelamatkan hutan,jgn pake mottony AA Gym!! kalo mnylmatkn hutan saja mlai dari dri sendri n dr hal yg lebih kcil,trs kpn hutan qt mo lestari….??malahan bs2 sblm lestari,hutannya dh lebih dulu HANCUR….LEBUR…..tak berbekas……..

    mendingn utk mnyelamatkan HUTAN,hrs mlai dr hal yang BESAR, n dmlai langsung dr pmerintah………
    mksudnya,qt sbg pemuda INDONESIA hrs berusaha n brjuang dg cr apapun spy pmerintah bkn hnya sekedar tahu kndisi hutan qt,ttpi hrs sadar utk lebih mndengar suara,kritik,dan saran dari rakyat dan secepatnya brbuat ssuatu,karena KONDISI HUTAN INDONESIA SDH DI AMBANG KEHANCURAN.

    utk pemerintah…
    semua industri yg mnggunakan bhn baku dr kayu, hrs dikenai pajak yang sangaaat….. tinggi shg brg2 dari kayu hrgnya sangat mahal,yg mngakibatkan knsumsi msyarakat utk brg2 yg trbuat dari kayu mnurun drastis,yg mnjdikan kbutuhan kayu brkurang. yg akhirnya mungkin tidak ada lg pmbalakan liar….sehingga monyet2 tmn qt jd tersenyum bahagia.

    HUTAN PUN SMAKIN LUAS, SMAKIN HIJAU,DAN SMAKIN LESTARI.

    SETUJUUUUU………??
    yg gk stuju brarti km adl seorang pembalak liar di hutan.

  2. abel climber mengatakan:

    Assalamu’alaikum

    Wah mas Robin semangat banget kasih komentar….baguslah…
    mungkin yang dimaksud tulisan ddiatas kalo nda’ salah “beberapa tips sederhana” jadi cukup wajar klo solusinya yang terkait dari kita sendiri selaku penempat posisi teratas dalam rantai makanan…..
    tapi makasih lho dah komentar…jadi ‘nda statis.
    oh ya mas Robin, awal taun ini teman-teman Pasma dah nyoba melakukan pembibitan rambutan dan setelah cukup besar dbagi ke teman-teman lho…meskipun terlihat sederhana tapi paling tidak sebagai kegiatan nyata kita mencoba berperan aktif di bidang lingkungan.
    ayo….teman teman PA, Sispala (Siswa Pecinta Alam) yang lain dan semua teman-teman yang peduli dengan lingkungan kita tanam pohon atau paling tidak merawat yang sudah ada di lingkungan kita.
    Tanam pohon ato tanaman termasuk sedekah dan ibadah (diniatkan) lho. kok bisa?….coba bayangin…kalo tanaman ato pohon itu dah besar manfaatnya banyak banget, antara lain buahnya bisa dimakan manusia dan hewan, memproses CO2 menjadi O2 dalam proses fotosintesis, daun yang berguguran bisa jadi humus, bisa buat berteduh, mencegah erosi maupun banjir, membantu penyerapan air kedalam tanah pokoke ake lah…

    jadi nda’ cuma monyet2 yang bisa tersenyum bahagia..ya ora mas Robin..he..he..he..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s