Proses regenerasi dan pembelajaran Pasma SMAN 1 Slawi

Posted: Januari 13, 2009 by Pasmajaya in Berita, Keluarga Pasma

Proses regenerasi dan pembelajaran, mutlak diperlukan sebuah organisasi untuk terus mendukung eksistensinya. Pasma SMAN 1 Slawi sebagai salah satu organisasi yang bergerak dibidang kepecinta alaman yaitu Lingkungan Hidup dan Kegiatan Alam Terbuka (KAT) tingkat SMA, telah mengalami beberapa perubahan penggunaan sistem regenerasi (perekrutan anggota) dan pembelajaran (sistem pendidikan). Sistem-sistem tersebut telah menghasilkan puluhan anggota yang memiliki kompetensi di bidang kepecintaalaman sesuai dengan kapasitasnya.

Dalam sistem regenerasi dan pembelajaran, Pasma memiliki beberapa tahap yaitu:

1.Masa Promosi dan pendaftaran calon anggota.

2.Materi Ruang yang dilaksanakan satu kali dalam satu minggu selama kurang lebih setengah semester. Materi yang diberikan diantaranya Keorganisasian, Navigasi Darat (orientering), Search and Rescue (SAR) dasar, jungle survival , Manajemen Perjalanan, Panjat Tebing dasar (tali temali, pengenalan alat dan teknik pemanjatan), serta Lingkungan Hidup dan Konservasi.

3.Pra Pendidikan Dasar (Pra Pendas); yaitu kegiatan calon anggota Pasma dalam mempraktikan materi yang telah diberikan sebelumnya. Pra Pendas dilaksanakan di lingkungan SMAN 1 Slawi.

4.Pendidikan Dasar (Pendas); yaitu kegiatan calon anggota Pasma dalam mempraktikan materi yang telah diberikan sebelumnya. Pendas selama ini dilaksanakan dilereng utara Gunung Slamet tepatnya di atas objek wisata Guci Kab. Tegal.

Pendas Pasma telah mengalami tiga perubahan yaitu pada Pendas awal (1997) dilaksanakan selama tiga hari. kenudian sejak tahun 2001 selama lima hari dan untuk tahun 2008 Pendas dilaksanakan selama empat hari. Kegiatan Pendas Pasma diakhiri dengan longmarch Guci-Slawi sejauh + 33 km yang telah menjadi rangkaian tak terpisahkan dari kegiatan Pendas sejak pertama kali dilaksanakan. Peserta Pendas yang lulus selanjutnya menjadi Anggota Muda Pasma yang ditandai dengan penyematan syal Pendas.

5.Pendakian Pasma. Kegiatan Pendakian dilaksanakan di salah satu dari         gunung berketingian lebih dari 3000 mdpl terdekat dari Slawi yaitu gunung Slamet atau gunung Ciremai. Setelah tahap ini Anggota Muda bersatus sebagai Anggota Senior dan mempersiapkan diri sebagai Pengurus Harian Pasma SMAN 1 Slawi.

Namun perlu disadari sistem yang saat ini diberlakukan Pasma tidak lepas dari kekurangan dan kritik. Oleh sebab itu saran yang membangun dari berbagai pihak saat ini sangat diperlukan bagi perkembangan Pasma SMAN 1 Slawi maupun organisasi siswa pecinta alam di Kab.Tegal sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Karena kita hanya punya satu bumi………..

Komentar
  1. kingkong_keren mengatakan:

    hanya saran :
    .
    untuk mengurangi kejenuhan selama pelaksanaan materi ruang, sebenarnya ada banyak sekali cara diantaranya :
    1. menyisipkan agenda acara kecil seperti sadar lingkungan yang bisa dilaksanakan dalam bentuk bersih lingkungan
    2. diisi dengan games-games yang dapat lebih mempererat tali persaudaraan, contoh : fall, down, and grab.
    3. untuk lebih menarik minat dan perhatian teman-teman yang lain, kegiatan dilaksanakan secara all out dan tidak hanya terpaku pada sebuah ruangan karena pada dasarnya ruang terbuka adalah ruang pembelajaran yang sangat baik.
    4. ada komunikasi antar anggota, baik pengurus harian maupun anggota yang telah lepas dari SMA N 1 Slawi.
    5. selalu diawali dan diakhiri dengan do’a

  2. Aji mengatakan:

    Bisa ga tambahan kegiatan pasma untuk menyambut hari lingkungan (Hari bumi, hari LH, hari flora, dll).
    bisa buat event2 kecil; Himbauan (stiker, spanduk, apa aja kreativitas). konsep; bersih sekolah dari asap, gerakan hijau sekolah, dll.

    Jadi kegiatan ga monoton….

  3. bhagonk_Maharani Adventure Team mengatakan:

    bagus banget itu usulan dari mas aji…

  4. robinisme_maharani mengatakan:

    usul lagi,
    kembalikan kejayaan dunia rock climbing PASMA……..

  5. wisnu mengatakan:

    mugane nt sing nglatih bien

  6. bhagonk_Maharani Adventure Team mengatakan:

    Yen bisa aja cuma RC..,,, justru bangkitkan kegiatan LH…,,, jare Pecinta Alam……………………….

  7. abel_maharani mengatakan:

    Sudah belasan tahun sejak pertama kali Pasma SMAN 1 Slawi didirikan secara resmi, Pasma telah mengalami banyak perkembangan dan dinamika sebagai sebuah organisasi. Banyak suka duka yang dialami anggotanya dengan beragam motivasi untuk bergabung, belajar dan berpetualang bersama Pasma. Dan perlu disadari bahwa Pasma dan organisasi ekstrakulikuler lainnya merupakan wadah untuk mengaktualisasikan diri dan mengembangkan potensi non akademik yang sangat diperlukan mengingat pada usia-usia tersebut merupakan masa perkembangan yang menentukan untuk menemukan jadi dirinya sebagai bagian dari masyarakat.

    Saran saya untuk Pasma, sekedar menambahi saran-saran diatas..
    1.Terapkan nilai-nilai positif seperti yang tercantum dalam Kode Etik Pecinta Alam Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
    2.Pertahankan Pasma sebagai organisasi ekstrakulikuler yang mendidik, menyenangkan, penuh kekeluargaan dan terus belajar membenahi diri.
    3.Secara organisasi anggota Pasma bergerak di bidang Lingkungan Hidup dan Kegiatan Alam Terbuka, namun tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan pihak lain yang memiliki ketertarikan yang sama meskipun bukan bagian secara organisasi. Karena pada dasarnya Pasma mengangkat isu atau persoalan yang menjadi permasalahan dunia saat ini yaitu Lingkungan Hidup.
    4.Laksanakan kegiatan dengan penuh tanggung jawab dan memperhatikan prosedur keamanan (safety procedure).
    5.Bagaimanapun juga sebagai seorang siswa, prioritas utama adalah mengembangkan potensi akademiknya dengan kata lain utamakan sekolah.

    Selamat belajar dan berpetualang dengan Pasma….

  8. MA'MURI mengatakan:

    hari ini tanggal 23 maret 2009 merupakan hari meteorologi dunia, mungkin bisa siusulkan kepada sekolah untuk mengadakan hari bebas asap di sekolah…. jadi ga ada lagi kendaraan yang masuk sekolah.. apalagi merokok disekolah terutama para guru….

  9. Anazar mengatakan:

    saya mau bertanya,, Apakah calon pecinta alam dari luar sekolah SMA N 1 Slawi boleh ikut beserta,,?
    terima kasih sebelumnya.

  10. Anazar mengatakan:

    saya mau bertanya,,
    Apakah calon pecinta alam dari luar sekolah SMA N 1 Slawi boleh ikut beserta,,?
    terima kasih sebelumnya.

  11. Supry mengatakan:

    Kapan pendas, ko sepi2 ajani gada kabar….gmn PASMA Skrang +maju apa +mundur ato tinggal nama… Brapa calon anggota PASMA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s