One Car Free Day

Posted: Juni 8, 2009 by Pasmajaya in Berita, lingkungan hidup

Sehari, Jalan KS Tubun Tanpa Asap Kendaraan

www.radartegal.com

 PENCANANGAN program One Car Free Day (Sehari tanpa Kendaraan Bermotor) di sepanjang ruas jalan KS Tubun Slawi, sejak patung obor Tri sanja hingga pertigaan Taman bunga Slawi, disambut baik warga, Minggu (7/6).

Sejak pukul 06.00 WIB tidak nampak kendaraan bermotor melintas di jalan tersebut. Padahal, di hari-hari biasa, ruas jalan KS Tubun Slawi termasuk ruas jalan utama yang selalu dilalui kendaraan bermotor. Sepinya ruas jalan itu kemudian dimanfaatkan warga untuk kegiatan olahraga dan bermain.

Dari pantauan Radar di lokasi, jalan tersebut hanya diperbolehkan dilintasi oleh kendaraan tanpa mesin, antara lain sepeda, becak dan dokar. Sedangkan angkutan umum yang biasa melintas jalan harus harus memutar ke jalur lain.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Khofifah, mengaku sangat gembira atas sambutan warga yang cukup bagus dalam pencanangan program one car free day. Sejumlah pengendara kendaraan bermotor nampak mematuhi peringatan untuk tidak melintasi ruas jalan tersebut.

”Ternyata sambutan sambutan masyarakat cukup bagus. Mereka malah memanfaatkan sepinya jalan untuk kegiatan olah raga,” ungkap Khofifah, saat ditemui di sela-sela pantauan di ruas jalan KS Tubun Slawi, Minggu8 (7/6) kemarin.

Menurut Khofifah, melihat respon yang bagus dari masyarakat itu, pihaknya pun berencana akan menjadikan one car free day sebagai agenda rutin. Namun hal tersebut akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Bupati Tegal.

”Melihat sambutan yang cukup bagus ini, akan kita coba untuk mengagendakan secara rutin. Untuk lokasinya mungkin tidak di jalan KS Tubun lagi, tapi di jalan lain. Nanti akan kita bicarakan dulu dengan Bupati, Dishub Kominfo (dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika, red) serta Polres,” terangnya.

Diakui Khofifah, program one car free day hanya dilaksanakan dalam sehari saja. Itupun hanya pada sebagian ruas jalan KS Tubun Slawi. Namun demikian, pihaknya mengaku cukup puas terhadap hasil yang dicapai.

”Target kami adalah memberikan pesan moral kepada wrga tentang bahaya polusi udara yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor. Untuk langkah awal, saya nilai pelaksanaan one car free day kali ini sudah cukup berhasil,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Tegal AKP Valentinus Asmoro mengatakan, pelaksanaan one car free day sudah cukup bagus. Pengendara kendaraan bermotor yang akan melintas di Jalan KS Tubun juga dengan penuh kesadaran mau memutar melalui jalan lain.

”Kami akan akan mendukung kegiatan ini untuk mengurangi polusi udara. Mungkin bisa dilaksanakan one car free day di lokasi lain, seperti halnya di Alun-alun Slawi,” ujarnya.

Pencanangan program one car free day, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia ke-37 yang jatuh tepat tanggal 5 Juni. Penutupan ruas jalan KS Tubun Slawi terhadap kendaraan bermotor, dilaksanakan sejak pukul 06.00 WIB. Semula, pembukaan ruas jalan tersebut direncanakan hingga pukul 18.00 WIB. Mengingat keadaan, maka ruas jalan KS Tubun kembali dibuka bagi kendaraan bermotor pada pukul 11.00 WIB. (aan)

Komentar
  1. wisnu wardhana mengatakan:

    yahhh , jng copy paste radar dunks, liputan sendiri gttt…………

  2. vanikingkongkeren mengatakan:

    skali2 jek….
    dari pada sing asal posting ra ana sumbere???

    plagiat akut !!!!

  3. sahistya mengatakan:

    one car free day memang oks bgt(ga pakaI Z). Program ini memang bertujuan baik ,untuk nyadarin masyarakat Kab. Tegal tentang tingkat polusi di lingkungan kita, tapi klo ujung-ujungnya pengendara kendaraan bermotor mesti putar balik atau lewat jalan lain yang lebih jauh menurutku sih sama aja, justru malah bisa ngabisin bensin lbh banyak yang artinya kita megeluarkan polutan lebih banyak lagi ke lingkungan, tapi untuk tahap awal kesadaran suatu masyarakat program ini sdh ckp baik hanya perlu dikaji ulang saja pelaksanaannya. PASMA tunjukan peran lainnya juga donk dalam pelestarian lingkungan, PENTING itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s